Jawa Barat Travel Exchange (JTX) 2017

Agenda tahunan Jawa Barat Travel Exchange (JTX) 2017 yang ke 19 kembali digelar tanggal 17 – 19 Mei 2017 sebagai satu event promosi pariwisata. Kegiatan ini merupakan acara temu pembeli para tour operator mancanegara dengan penyedia jasa wisata lokal, yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asing dan domestik khususnya ke Jawa Barat. Di dunia bisnis pariwisata, JTX patut diperhitungkan keberadaannya.

Kegiatan diawali registrasi Sellers & Buyers lalu dibuka dengan acara Welcome Dinner di Hotel Aryaduta Bandung pada tanggal 17 Mei 2017, dilanjutkan keesokan harinya dengan travex atau kontak bisnis antara Sellers & Buyers tanggal 18 Mei 2017 dan ditutup dengan acara Post Tour tanggal 19 Mei 2017.

Penyelenggara telah mengundang para Tour Operator dari dalam dan luar negeri selaku Buyers. Hingga saat ini ada 68 tour operator asing dari kurang lebih 9 negara, dan 25 tour operator local dari seluruh Indonesia yang sudah menyatakan akan hadir ke Bandung untuk mengikuti JTX. Adapun tour.

Tours Operator tersebut adalah :

Singapore (14 operator) operator, Malaysia (14 operator) operator, Philipina (6 operator), Thailand (14 operator), Jepang (6 operator), Saudi Arabia (10 operator), Laos (1 operator), Polandia (1 operator), Myanmar (2 operator), Indonesia (25 operator); dengan keseluruhan jumlah operator sebanyak 93 operator.

JTX ke-19 ini terselenggara melalui kerjasama secara swakelola antara HPI, ASITA dan PHRI, dengan Ketua Pelaksana Bpk. H. Herman Rukmanadi. ASITA mengundang para buyers yang berpotensi mendatangkan wisatawan untuk datang, disupport oleh beberapa hotel berbintang anggota PHRI dan juga didukung pengadaan transportasi serta post tour oleh anggota HPI.

Hotel-hotel yang mendukung acara JTX yaitu :

  1. Hotel Horison Ultima Bandung
  2. Aryaduta Bandung
  3. The Papandayan Hotel Bandung
  4. Grand Royal Panghegar Hotel
  5. Hotel Santika Bandung
  6. Hotel Jayakarta Bandung
  7. Tebu Hotel Bandung
  8. Amaroossa Hotel Bandung
  9. Crowne Plaza Bandung
  10. Best Western Bandung

Untuk para Sellers, penyelenggara menyiapkan 52 Stand / Booth yang terdiri industri pariwisata seperti hotel, kawasan resort, destinasi, biro perjalanan, dan restaurant.

Travex adalah Kontak Bisnis meeting yang hanya bisa dihadiri oleh peserta yang terdaftar saja. Bukan untuk kunjungan umum yang bisa dihadiri masyarakat. Temu dagang antara sellers dan buyers menggunakan sistem round-robin yaitu semua Buyers wajib kontak dengan Sellers berputar sesuai waktu yang dijadwalkan sehingga semua kontak bertemu. Setelah dievaluasi, dengan 52 booth Sellers dan 93 Buyers sangat efektif untuk mencapai target dan branding industri.

Saat ini tingkat kunjungan wisatawan masih terkenda soal transportasi, infrastruktur, serta lokasi wisata. Mengenai transportasi, penerbangan langsung dari suatu negara atau daerah ke Jabar menjadi point penting untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Demikian pula infrastruktur, jalan harus bagus, tidak macet, serta transportasi public yang memadai.

Sedangkan untuk lokasi wisata, harus dibenahi seperti sarana toilet yang higienis, keamanan & kenyamanan, agar wisatawan ingin kembali lagi.

JTX tidak hanya berperan dalam peningkatan kunjungan wisatawan, tetapi juga dapat lebih mengoptimalkan pelaku usaha industri pariwisata lainnya, sehingga dapat mendorong perkembangann nilai-nilai ekonomi bagi masyarakat sekitarnya.

Meskipun tidak ada data otentik mengenai pertumbuhan wisata khususnya mancanegara, penyelenggaraan Jawa Barat Travel Exchange setiap tahun selalu memberikan pengaruh positif terhadap pertumbuhan wisatawan. Selain data dari Imigrasi, jumlah wisatawan mancanegara pun bisa tercatat di Kepolisian bagian POA (Pengawasan Orang Asing) yang setiap hari dilaporkan hotel jika ada tamu asing yang menginap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>